APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK PELAPORAN KEJADIAN DAN BENCANA DI BASARNAS BANGKA BELITUNG

Amir Alkodri, Burham Isnanto, Sujono Sujono

Sari


Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi, setiap instansi seperti basarnas berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Layanan pelapor kejadian dan bencana masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan pengawasan terhadap kinerja instansi basarnas. Dalam hal ini penulis mengambil studi kasus Basarnas Bangka Belitung dimana masyarakat di Bangka Belitung sulit untuk menyampaikan pelaporan yang ada di Bangka Belitung kepada pihak Basrnas. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian tentang penyampaian aspirasi atas permasalahan dan pelaporan bencana yang terjadi di Bangka Belitung yang tidak tersalurkan. Dengan demikian dibutuhkan sebuah rancangan aplikasi layanan pelaporan dan informasi untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikannya. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi sistem penlaporan ini adalah model waterfall dan di jalankan di sistem operasi android. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi plaporan kejadian dan bencana di Basarnas Bangka Belitung dapat membantu masyarakat dalam melaporkan kejadian dan Bencana di Bangka Belitung agar lebih mudah dan efektif dalam bentuk aplikasi Mobile Android.

Kata Kunci


Pelaporan; Bangka Belitung; Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mursalim W Siti. 2018 Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA).

Jumardi Andi dan Solichin Achmad. 2016. Prototipe Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Dan Web Service. Jurnal TELEMATIKA MKOM Vol.8 No.1.

Khuluqiyah Khusnul, Pudjiantoro H Tacbir, Wahana Agung. 2016. Klasifikasi Data Pengaduan Masyarakat Pada Laman Pesduk Cimahi Menggunakan Rocchio. Universitas Jenderal Achman Yani.

Oletta E. Mambu, Yulie D Y Rindengan, Stanley D, Katouw. 2016. Pengembangan Aplikasi E-Report Layanan Masyarakat Untuk Manado Smart City. Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Manado.

Resmon Frima, Budhi Irawan, Burhanuddin Dirgantoro. 2016. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Posyandu Terintegrasi Berbasis Android. E-Proceeding of Engineering : Vol.3.

Alkodri A Amir dan R Burham Isnanto F. 2014. Prototipe Aplikasi Untuk Mengetahui Tata Letak Atm Di Pangkalpinang Pada Smartphone Android. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur Vol 1.

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung. Bandung. Cetakan Ke Tiga.

Dra. Ratna Suminar, MM dan Apriliawati Mia. 2017. Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa Sip TC Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Vol. 4 No. 2.

Yohanitas A Witra. 2018. Strategi Penanganan Pengaduan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA). Volume XV, Nomor 1.

Putra W Dian, A.Prasita Nugroho, Puspitarini W Erri. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1.

R.Thamizharasi, 2016. Android Mobile Application Build on Android studio

International Journal of Modern Computer Science (IJMCS)Volume 4, Issue 1, February, 2016.

Bay Haqi, M.Kom dan Heri Satria Setiawan, S.E., M.T.I. .2019. Aplikasi Absensi Dosen Dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. PT Elex Media Komputindo. Jakarta [13] Suprianto. D, & R. Agustina. 2015.Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: MediaKom.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., Rahmadi, H., 2015, Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Study Kasus :Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, no 3, vol 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.96-104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241