Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemograman PHP/MySQL Di SMP Nurul Ikhlas

Riri Ratna Fadila, Wedra Aprison, Hari Antoni Musril

Sari


Perizinan siswa adalah proses siswa mendapatkan izin dari petugas piket untuk tidak mengikuti pembelajaran dikarenakan suatu hal yang mendesak. Perizinan ini membutuhkan suatu pencatatan yang digunakan sebagai arsip. Perizinan ini membutuhkan suatu pencatatan yang digunakan sebagai arsip. Petugas piket sering mendapatkan kendala ketika memberikan izin siswa, yaitu dalam rekap data, dan data izin yang valid. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengurusan perizinan yang masih manual atau belum terkomputerisasi yaitu dengan cara mengisi blangko yang telah disediakan pada masing-masing pihak yang berwenang memberikan izin sesuai dengan alur perizinan  yang telah ditetapkan dan permasalahan yang timbul adalah banyaknya berkas yang hilang dan data perizinan santri tidak valid. Dan untuk mengatasi itu maka di rancanglah seuah program khusus untuk perizinan santri yang ingin meninggalkan lokasi asrama. Program ini dibuat dengan menggunakan PHP murni. Program ini dibuat dengan menggunakan PHP murni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Reseacrh and Development (R&D. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini bisa digunakan oleh staf asrama (wali kamar), staf sekolah (kesiswaan), staf disiplin kegiatan (disgiat/pusat pemberian izin) , serta staf kesehatan (poliklinik). Disgiat (admin) dan wali kamar, wakil kesiswaan. Poliklinik (user. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini bisa digunakan oleh staf asrama (wali kamar), staf sekolah (kesiswaan), staf disiplin kegiatan (disgiat/pusat pemberian izin) , serta staf kesehatan (poliklinik). Disgiat (admin) dan wali kamar, wakil kesiswaan. Poliklinik (user). Sedangkan uji  validitas dari 3 orang expert diperoleh nilai 0,83  yang dinyatakan valid, sedangkan untuk uji praktikalitas dari 3 orang praktisi diperoleh nilai 87 yang dinyatakan Sangat praktis. dan untuk uji efektifitas dari 15 wali kamar diperoleh nilai  0,90 yang dinyatakan sangat efektif.


Kata Kunci


Perancangan Perizinan, PHP/MySQL, R&D

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. Urmilasari, A. M. Rusli, and A. L. Irwan, “Analisis Pelayanan Perizinan di Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar,” J. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 1, pp. 49–60, 2013.

R. Muhammad, H. Elis, and P. Guntur, “Dan Perkembangan Nilai Siswa Berbasis Web Di Sma Negeri 8 Bandung Complaint , Permission and Student Grades Development Web-Based in 8 Senior High School of Bandung,” vol. 3, no. 3, pp. 1377–1387, 2017.

Alan Nur Aditya, Jago PHP & MySQl, Bekasi. Bekasi: Dunia Komputer, 2011.

Tatik Sutarti dan Edi Irawan, Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. L. R, “Three coefficients for analysing Reliability and Validity of rating.,” Educ. Psychol. Meas., vol. 45, pp. 131–142, 1985.

Heri Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.

Hamdunah, “Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola,” J. Lemma, vol. Vol. 2, no. 1, pp. 42–35, 2015.

R. Sagita, F. Azra, and M. Azhar, “Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X Sma,” J. Eksakta Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 25, 2018.

S. M. I. Andromeda, Iryani, Maward, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERBASIS GUIDED-INQUIRY DENGAN REPRESENTASI CHEMISTRY-TRIANGLE UNTUK SISWA SMA/MA,” Pros. Semirata, pp. 612–623, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.84-95

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241