Implementasi Metode Advance Encryption Standard dan Least Significan Bit pada Kriptografi Citra Digital

Sitti Aisa, Nurul Aini

Sari


Perkembangan digital kian pesat tanpa kita sadari, salah satunya adalah kehadiran smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk masyarakat. Dimana, smarphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai alat bertukar informasi. Sistem pertukaran data dan informasi melalui Smartphone Android tidak memberi jaminan akan keamanan informasi khususnya untuk data yang bersifat rahasia. Pertukaran data dan informasi  dengan cara seperti ini rentang terhadap bahaya pencurian data, sehingga perlu mencari solusi untuk hal tersebut. Diperlukan suatu  sistem pengamanan data dan informasi terutama untuk data yang bersifat pribadi dan rahasia sehingga dapat sampai ke tangan yang berhak menerima. Salah satu metode yang sering digunakan untuk mengatasi hal tersebut dengan teknik kriptografi.salah satu metode yang digunakan adalah AES dan LSB Dengan metode AES ini, data diubah kedalam bentuk teks yang tidak diketahui maknanya agar orang lain tidak bisa membacanya dan untuk menghindari kecurigaan kepada orang lain maka si A menggunakan teknik steganografi dengan metode LSB. Aplikasi ini untuk mengamankan data yang akan dikirmkan pengamanan dilakukan dengan dua tahapan yang pertama tahap penyamaran pesan dengna metode AES dan tahap kedua adalah tahap penyisipan pesan dengan metode LSB, dimana  cipherteks yang disimpan dalam bentuk file text, serta dapat disisipkan ke dalam file citra.


Kata Kunci


kriptografi; Citra; Digital; Informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sinta Puspita, dkk, 2012, Implementasi Steganografi Menggunakan Metode Least Significant Bit dan Kriptografi Advanced Encryption Standard, Jurnal ultimatics vol.4 no 1.

Ari Muzakir, 2015, Implementasi Teknik Steganografi Dengan Kriptografi Kunci Private Aes Untuk Keamanan File Gambar Berbasis Android Berbasis Android, Seminar Nasional teknologi, informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Jogjakarta.

Syaiful Anwar, 2017, Implementasi Pengamanan Data Dan Informasi Dengan Metode Steganografi LSB Dan Algoritma Kriptografi AES, Jurnal Format Vol.6 No.1.

Rinaldi Munir, 2006, “Kriptografi”, Informatika, Bandung.

Alatas, Putri. 2009. “Implementasi Teknik Steganografi D Bit engan Metode LSB Pada Citra Digital”.

Wahyudi, Kunjung. 2008. “Aplikasi Steganografi Untuk Pertukaran Pesan Dengan Menggunakan Teknik Steganografi Dan Algoritma AES.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.105-117

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241