Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Promethee Dalam Pemilihan Mobil sesuai kebutuhan Pelanggan

Nurul Aini, Erfan Hasmin

Sari


Semakin tingginya tingkat mobilitas setiap orang yang menuntut untuk memiliki alat transportasi pribadi guna memperlancar aktivitas sehari-hari. Mobil merupakan salah satu alat transportasi pribadi yang digemari karena selain memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, memiliki mobil pribadi dianggap sebagian orang sebagai suatu ke banggan tersendiri. Semakin banyaknya tipe dan jenis mobil dengan keunggula n dan kekurangan masing-masing tak jarang membuat orang yang ingin membeli mobil mengalami kesulitan menentukan pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk itu, diperlukan suatu sistem pendu kung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi pilihan mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini menggunakan metode PROMETHEE ( Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evalution ). PROMETHEE adalah suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria. Dengan adanya aplikasi Sistem pendukung keputusan pemilihan mobil menggunakan metode PROMETHEE ini dapat membantu para calon pembeli mobil dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kata Kunci


Sistem Informasi , Sistem Penunjang Keputusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Simon, H. 2010. Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Informatika. Bandung.

Kadarsah, Suryadi, dan Ramdani, M.Ali. 2002. Sistem Pendukung Keputusan: Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung :Rosdakarya.

Hunjak, Tihomir, 1997, “Mathematical foundations of the methods for multicriterial decison making”, Mathematical Communications, -, -.

Chou, Tien-Yin, Wen-Tzu Lin, Chao-Yuan Lin, Wen-Chieh Chou and Pi-Hui Huang, 2004, “Application of The Promethee Technique to determine depression outlet location and flow direction in DEM”, Departments of land management, Feng-Chia University, Taiwan

Sholiq 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML. Jakarta. Graha Ilmu.

Herlawati. 2011.Menggunakan UML. Bandung. Penerbit Informatika

Kusrini, Lutfi Taufik Emha. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Adi Nugroho, 2005, “Analisis dan Perancangan Sistem informasi dengan Metode Berorientasi Objek”, Informatika, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.1.2019.10-22

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241