KLASIFIKASI ASPIRASI MAHASISWA DENGAN NAIVE BAYES CLASSIFIER

Tika Mahardhika P, Ifan Rizqa

Sari


Aspirasi mahasiswa adalah berbagai tuntunan dari mahasiswa yang dikemas dalam ide kreatif  untuk mengusulkan proses perubahan atas suatu hal. Rata-rata aspirasi yang disampaikan berupa keluhan dan harapan. Aspirasi berguna sebagai bahan evaluasi dan deteksi dini terhadap kelemahan sistem kualitas perguruan tinggi menjadi lebih baik. kegiatan ini terjadi di UDINUS, DPM sebagai pihak yang mengelola aspirasi mahasiswa. Aspirasi didapatkan melalui sebuah mekanisme yang telah ditentukan seperti penyebaran kuisioner secara manual atau berbasis google form.  Kuisioner yang disediakan mengharuskan mahasiswa mengisi isi aspirasi sesuai katagori yang disediakan. Namun, permasalahan yang dihadapi terkadang mahasiswa salah memilih katagori sesuai isi aspirasi yang ditulis. Maka dari itu perlu dibuat sistem yang dapat mengkatagorisasikan aspirasi mahasiswa secara otomatis. Klasifikasi teks dokumen menjadi cara yang paling baik untuk menentukan katagori berdasarkan isi aspirasi mahasiswa. Metode Naïve Bayes Classifier digunakan karena mampu menghasilkan akurasi yang tinggi. Dengan 1000 dokumen data latih yang masing-masing 250 dokumen setiap katagori yaitu “Sarana dan Prasarana”, “Dosen”, “Kepegawaian dan Sistem Akademik”,”Saran dan Masukan” menghasilkan akurasi 90.20%. Dapat dikatakan metode ini layak implementasi dalam penelitian ini.      

Kata Kunci


Aspirasi Mahasiswa, Katagori, Naïve Bayes Classifier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


"Pengerian Menurut Para Ahli," 2016 April 9. [Online]. Available: http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-aspirasi/. [Accessed 17 Januari 2018].

ORMAWA, PANDUAN ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO, Semarang, 2015.

A. Hamzah, "SENTIMENT ANALYSIS UNTUK MEMANFAATKAN SARAN KUESIONER DALAM," Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 2014.

DPM, "Alur Penyampaian Aspirasi Keluarga Mahasiswa Telkom University," 18 Mei 2017. [Online]. Available: http://dpm.orgs.telkomuniversity.ac.id/dpm-kema/alur-penyampaian-aspirasi-keluarga-mahasiswa-telkom-university/. [Accessed 17 January 2018].

S. F. Rodiyansyah, "Klasifikasi Posting Twitter Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Naive Bayesian Classification," IJCCS ( Indonesia Jurnal of Computing and Cybernetics Systems), vol. 7, p. 1, 2013.

D. S. Pamungkas, "ANALISIS SENTIMENT PADA SOSIAL MEDIA TWITTER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER TERHADAP KATA KUNCI “KURIKULUM 2013”," p. 1, 2014.

T. Rosandy, "PERBANDINGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER DENGAN," Jurnal TIM Darmajaya, vol. 02, p. 58, 2016 .




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.1.2019.01-09

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241